Airbus Industrie memperkenalkan seluruh keluarga Airbus dalam iklan ini, tidak lain tujuannya untuk ikut merebut pasar pesawat komersial di Indonesia yang masih didominasi produk Boeing.

Di Indonesia sendiri nama Airbus sebenarnya sudah dikenal lewat pesawat badan lebar A300/310 yang dipakai maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, dan Sempati Airlines. Diakui pada tahun 1990-an itu namanya memang belum setenar Boeing bahkan McDonnell Douglas.

Krisis ekonomi 1997/1998 justru semakin memudarkan namanya, A300/310 yang menjadi kebanggaan ketiga maskapai tersebut disingkirkan. Garuda Indonesia sendiri hanya mengoperasikan A330 yang tergolong masih baru, masuk ke jajaran armadanya pada tahun 1996.

iklan-keluarga-handal-airbus-1

Iklan yang dimuat di majalah Angkasa Edisi Maret 1998 ini memang tampak terlalu optimis bila Airbus Industrie ingin segera menjual produk-produknya. Tapi begitulah bisnis, harus selalu tinggi harapannya dan berharap badai krisis cepat berlalu.

Terlebih lagi iklan memang tidak sekedar untuk mempromosikan dan menjual produk namun juga menunjukan eksistensi apalagi bila namanya belum begitu dikenal. Terbukti sekarang justru produk Airbus begitu menguasai dan dikenal, nyaris mengalahkan ketenaran Boeing baik untuk pesawat badan sempit dan badan lebar. (Aviahistoria.com, Sejarah Penerbangan Indonesia)