Di era belum ada tv kabel atau internet, salah satu kegiatan untuk menyibukan diri ala anak perkotaan era 1980-an adalah mengumpulkan stiker, dikoleksi dan ditempel dalam sebuah buku khusus.

Awalnya koleksi stiker bertema fauna, dinosaurus, lalu diikuti serial komik yang sedang tren waktu itu Transformers. Produk buatan Figurine Panini asal Italia ini mendapat sambutan cukup baik di kalangan anak-anak dan remaja, menghibur sekaligus edukatif. Kolektor awal memulai dengan membeli buku sekaligus mendapatkan bonus satu paket berisi lima stiker. Berikutnya kolektor melengkapi isi buku itu, setidaknya membutuhkan 100-an stiker, dengan membeli paket stiker yang dijual terpisah.

Karena berupa paket, kolektor tentunya sering mendapat stiker kembar atau stiker yang sudah dimiliki. Untuk mengakalinya kolektor dapat saling tukar stiker dengan kolektor yang lain. Bisa juga kolektor memesan stiker tertentu yang tidak dimiliki kepada distributor.

Kesuksesan Figurine Panini lantas dijiplak oleh produsen lokal dengan mengusung merk Stiker Kreatif pada tahun 1986. Dengan perusahaan bernama PT. Jeteka Prima Pertiwi yang berdomisili di Duta Merlin, Stiker Kreatif mengusung tema dunia penerbangan, mulai dari penerbangan awal, pesawat sipil, helikopter, pesawat militer, angkasa luar, dan teknologi penerbangan di masa mendatang.

Stiker Kreatif bertema Dunia Penerbangan dikumpulkan dan ditempelkan di buku stiker, menarik sekaligus edukatif bagi anak dan remaja tahun 1980-an.

Kalau dibandingkan dengan sekarang, tentu sangat jauh kualitasnya. Belum lagi ada beberapa stiker gandeng yang justru ditarik memanjang sehingga tampak tidak proporsional. Keterangan gambar stiker kadang hanya terlalu singkat dengan kalimat yang tidak pas dan ada pula kesalahan informasi. Tapi karena temanya menarik dan cukup langka, kekurangan ini dapat dimaklumi.

Sebagai promosi agar pembeli dan kolektor terus melengkapi seluruh stikernya, Stiker Kreatif menawarkan hadiah undian menarik, mulai dari hadiah hiburan berupa kaos, tabanas senilai Rp50.000,00, tape recorder Compo JVC, meja belajar Victor, komputer Syntax, dan terakhir hadiah utama dua batang emas 100 gr atau dapat ditukar dengan dua tiket tur Disneyland selama sembilan hari.

Kalau anak zaman now sangat mudah mendapatkan gambar-gambar bertema penerbangan lewat internet, anak-anak era 1980-an mendapatkannya salah satunya lewat Stiker Kreatif ini dan menjadi kenangan tak terlupakan. Apalagi kenangan saling bertukar stiker dan  rela menyisihkan uang jajan demi mendapatkan koleksi stiker lengkap. (Aviahistoria.com, Sejarah Penerbangan Indonesia)