F-51D Mustang II adalah P-51D Mustang yang dibangun ulang oleh pabrik Cavelier pada tahun 1970-an dan TNI-AU (Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara) memilikinya sejak tahun 1972.

TNI-AU, nama baru AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) sejak tanggal 5 Oktober 1971 mendapatkan enam unit Mustang II (satu unit berkursi ganda, TF-51D) sebagai bagian dari program bantuan militer bernama Peace Pony dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Negara lain yang memiliki pesawat ini untuk tugas COIN (Counter Insurgency) atau anti gerilya adalah El Salvador, bedanya versi El Salvador memiliki tangki tambahan di ujung sayap, sedangkan versi Indonesia tidak memilikinya.

Cavelier F-51D Mustang F-347 Museum Satria Mandala, klik gambar untuk lebih detail.

Peace Pony dikembangkan lagi sehingga ada Peace Pony I dan II, untuk melengkapi sampai satu skadron di Skadron 3 yang sebelumnya berkekuatan P-51 Mustang buatan North American (Baca : P-51D Mustang F-303 – Lanud/Bandara Halim Perdanakusuma). Operasional pesawat tempur “baru tapi lama” ini kurang lebih hanya lima tahun. Ditambah sering terjadi kecelakaan terbang, membuat TNI-AU mendatangkan pesawat tempur yang lebih baik untuk Skadron 3, Rockwell OV-10 Bronco. Salah satu dari Mustang II, beregistrasi F-347 ini menjadi koleksi Museum Satria Mandala sejak tahun 1976, lengkap dengan dekorasi khas Cocor Merah. (Aviahistoria.com-Sejarah Penerbangan Indonesia)